Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Upacara HUT RI ke 72 di Kecamatan Bayan KLU Sukses dan Lancar Berita

Lobokutara ( Suarakomunitas ). Camat Bayan Musripin. S.Sos bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 bertempat di Lapangan Desa Anyar Berjalan sukses dan Lancar, 17-08-2017.

Isi Pidato Bupati Lombok Utara yang di sampaikan oleh Camat Bayan mengatakan bahwa Untuk Mengisi Kemerdekaan ini hendakalah kita wujudkan dalam bentuk sikap dan perilaku yang senantiasa berkomitmen untuk berjuang bersama merawat NKRI dan mengisinya dengan berbagai aktipitas Pembangunan, sebab dengan cara demikian kita akan dapat berperan mengantarkan kemerdekaan Bangsa Indonesia ini mencapai cita cita luhurnya yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdasakan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia, yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagaimana kita rasakan bersama HUT RI pada usia 72 tahun Kemerdekaan Repoblik Indonesia tercinta ini kita di hadapkan pada situasi dan tantangan yang sangat jauh berbeda, kini kita dihadapkan pada persaingan global yang semakin kompetitif, baik dibidang politik, ekonomi dan sosial budaya maupun pertahanan dan keamanan yang berkaitan pula dengan idiologi dan cara pandang suatu bangsa.

Kata Kunci untuk memenangkan persaingan adalah bertumpu pada daya saing bangsa kita, yaitu suatu kondisi yang mengharuskan kita memiliki kemampun lebih pada aspek integritas dan kualitas sumberdaya manusia, propesionalitas disegala sektor, memperkuat kualitas kepribadian Indonesia atau berahlak mulia, jujur, disiplin dan memiliki semangat optimis dalam mewujudkan bangsa Indonesia yang maju, berkeadilan dan sejahtera.

Dalam hal ini nilai nilai proklamasi ada empat pilar kebangsaan Indonesia yaitu UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, tetap relevan untuk kita amalkan secara nyata dan konsekuen baik dalam kontek penyelesaian permasalahan kebangsaan yang di hadapi, maupun mengelola berbagai sumberdaya pembangunan yang kita miliki, sehingga dengan komitmen itu kita akan mampu menghadirkan cita cita luhur kemerdekaan Indonesia, secara bertahap dan nyata ditengah tengah kehidupan masyarakat dan seluruh bangsa Indonesia.

Kita warga Lombok Utara sebagai bagian penting dari proses mewujudkan cita cita mulia tersebut tiada pilihan lain yang harus kita kembangkan bersama kecuali mengoptimalkan diri dalam berbagai aktipitas pembangunan, menciptakan berbagai inovasi, percepatan dan nilai tambah dalam pengelolaan berbagai potensi yang tersedia untuk kita mamfaatkan sebesar besarnya bagi kesejahteraan masyarakat Lombok Utara.

Alhamdulillah Selama Usia Kemerdekaan Repoblik Indonesia kita telah mengisi daerah ini dengan berbagai aktivitas pembangnan dan setiap periodesasi kepemimpinan putra pura terbaik bangsa sebagai kepala Pemerintahan di Daerah ini masing masing telah mempersembahkan prestasi dan karia nyata untuk kemajuan Lombok Utara yang lebih Baik, kemajuan kemajuan tersebut tergambar dari perbaikan indicator utama dari Pembangunan IPM Lombok Utara antara lain dari indicator Kesejahtreaan masyarakat yang di ukur dari pertumbuhan ekonomi dan kemampuan daya beli serta pengurangan angka kemiskinan, kedua dari aspek pendidikan dan kesehatan, kemudian dari peningkatan peluang kerja dan kesempatan usaha dan terakhir adalah peningkatan aksesilitas berupa ketersediaan inprastruktur dasar yang semakin menyentuh dan memberikan daya dukung bagi perkembangan aktivitas sosial budaya dan ekonomi masyarakat.

Pertumbuhan ekonomi Lombok Utara selama tiga tahun berturut menunjukan tren kenaikan positif dengan pencapaian cukup baik pada tahun 2016, sejak tahun 2008 hingga 2016, kita juga telah berhasil menyisakan angka kemiskinan yang sangat signifikan, artinya setiap tahun program penguran kemiskinan di Lombok Utara berhasil menurunkan angka kemiskinan dengan capaian cukup membanggakan, pencapaian tersebut sungguh merupakan capaian yang baik, terlebih jika kita berkaca pada pencpaian pada program pengurangan angka kemiskinan nasional, dimana untuk menurunlkan angka kemiskinan sebesar satu persen saja dibutuhkan waktu selama lebih dari lima tahun.

Demikian juga dengan tingkat pengangguran terbuka yang sangat tinggi sehingga hal ini berpengaruh pada indek gini ratio yang lebih baik dari rata rata nasional sebesar 0,4 %. Semua capaian kinerja kabupaten Lombok Utara yang semakin baik tersebut merupakan hasil kerja seluruh masyarakat Lombok Utara, baik yang tinggal di Kabupaten Lombok Utara maupun yang kini kebetulan yang sedang meniti karier di luar daerah, bahkan diluar negeri, untuk itu kami mengucapkan banyak terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya disertai harapan semogra prestasi kemitraan yang baik dan partisipasi positif tersebut akan terus di pelihara dan ditingkatkan lagi dimasa masa yang akan datang.

Kedepan kita sedang menyongsong agenda besar demokasi pada tahun 2018 yaitu Pemilihan Umum Kepala Daerah secara serentak di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini, untuk itu kita semua bisa menjaga semangat persaudaraan dan menjaga kondisitas daerah dengan mengembangkan semangat politik yang mencerdaskan.
Rangkaian Pesta demokrasi yang akan kita hadapi pada hakekatnya adalah sarana untuk melanjutkan ikhtiar mengisi kemerdekaan dan pencapaian cita cita pembangunan daerah sebagai bagian integral pembangunan Indonesia Raya, oleh karenanya, berbagai gagasan, ide kebijakan dalam haluan pembangunan yang ditawarkan dalam pesta demokrasi nanti, haruslah bisa di sampaikan secara cerdas dan bijaksana, sebagai wujud partisipasi dan keinginan kuat untuk melanjutkan ikhtiar pem bangunan.

Selain itu mari kita gunakan kemajuan dan perkembangan teknologi untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan dengan menggunakannya sebagai media untuk melakukan kebaikan dan hal hal positif yang bisa membawa kemamfaatan bagi seluruh masyarakat Nusa Tenggara Barat./ Bupati Lombok Utara. Dr. TGH. Najmul Akhyar. SH. MH. ( Ardes ).

 

 

 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.15124 seconds.